ASTAGHFIRULLAH Diduga Ada 3 Jenis Cacing di Tubuh Fajri Pria Obesitas 300 kg, Dokter Masih Telusuri

 

GROW MEDIA - 


Pria obesitas dari Tangerang, Muhammad Fajri, yang memiliki bobot diduga mencapai 300 kg tengah mendapat perawatan khusus dari tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Apa yang dialami Fajri disebut sebagai kasus langka di Indonesia.

Diketahui pihak rumah sakit memperkirakan kalau berat badan Fajri mencapai 300 kilogram.


Tetapi angka itu juga belum pasti karena tidak ada alat pengukur yang bisa digunakan.

Dengan bobot badan seberat itu, tim dokter mengatakan kalau metabolisme dan cara kerja organ tubuh Fajri sudah terganggu.


Dalam penanganannya, tim dokter menduga sejumlah penyebab kondisi Fajri mengalami obesitas, termasuk kondisi penyakit filariasis atau kaki gajah yang disebabkan tiga spesies cacing di tubuh pasien.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA, penyebabnya yang masih ditelusuri membuat tim medis cenderung mengarah pada penyakit filariasis atau kaki gajah.

Sebab, gejalanya mirip dengan kondisi tersebut.

Diketahui, hingga saat ini filariasis atau yang yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit kaki gajah masih menjadi masalah kesehatan yang serius di Indonesia, karena semua kalangan bisa tertular penyakit kaki gajah.


"Mungkin juga salah satu diri kita diagnosis itu adalah filariasis dan jadi kita sedang mencari juga penyebab dari kaki kanannya yang menjadi bengkak membesar tersebut," tutur dokter Nadia dalam konferensi pers di RSCM, Jakarta, Rabu 14 Juni 2023.

Filariasis disebabkan oleh tiga spesies cacing Filaria, yaitu Wucheria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori, yang ditularkan dengan perantaraan nyamuk sebagai vektornya.

Berbeda dengan penyakit DBD atau Malaria yang hanya ditularkan oleh satu jenis nyamuk tertentu, penyakit kaki gajah dapat ditularkan oleh semua jenis nyamuk, baik genus Anopheles, Culex, Aedes, dan Armigeres.


Nadia menjelaskan Fajri secara kasat mata memiliki kaki kanan yang lebih besar.

Setelah ditelusuri, Nadia menjelaskan bahwa terdapat pembesaran akibat sumbatan pada organ-organ tubuhnya.


"Kaki kanan yang membesar itu kita membuat difusi dengan limfedema, yaitu akibat dari sumbatan limfa.

Kemungkinan juga penyebabnya apa, apakah kemungkinan ada devite di trombosit, tadi sedang kita cari," ungkap Nadia,

Dokter Nadia melanjutkan bahwa sebenarnya pembesaran pada kaki kanan yang mulai membengkak itu terlihat terjadi sejak tiga bulan lalu.


Diduga, berat badannya yang obesitas ekstrem turut terkait oleh kondisi kaki gajah.

Namun, tim medis memiliki dugaan lain terkait obesitas dan kaki gajah.

"Kalau menurut kami pokoknya jelas ada hubungan dengan sumbatan limfa.

Obes-nya sih bisa (disebabkan kaki gajah), tapi kemungkinan besar ada hubungan (lain) dengan kecelakaan tiga tahun lalu, ini masih dugaan ya," imbuhnya.


Sumber: Tribun.com

0 Komentar