Tak Pakai CGI, Ledakan Bom Atom di Film 'Oppenheimer' Sungguhan?

 


Growmedia.online---

Jakarta- Para penggemar sutradara Christopher Nolan mengungkapkan ketidakpercayaan mereka atas klaim bahwa ia tidak menggunakan efek Computer Generated-Imagery (CGI) di 'Oppenheimer', film terbarunya.

Oppenheimer adalah biopik yang bercerita tentang pencipta bom atom, J Robert Oppenheimer. Dalam film tersebut, Oppenheimer yang sering digambarkan sebagai bapak bom atom, diperankan oleh aktor Cillian Murphy.


Nolan menjelaskan tentang spekulasi bahwa dia meledakkan bom atom sungguhan untuk adegan yang menggambarkan Trinity, uji coba nuklir bom atom selama operasional Proyek Manhattan yang dilakukan di Alamagordo, New Mexico pada 16 Juli 1945.

"Di satu sisi, ini sebuah sanjungan bahwa orang berpikir saya mampu melakukan sesuatu yang ekstrem seperti itu. Namun di sisi lain, itu adalah hal menakutkan," kata Nolan seperti dikutip dari Insider.

Nolan yang terkenal lebih menyukai efek praktis dan metode analog ketimbang CGI, tidak merinci bagaimana tepatnya gambar ledakan dibuat untuk film tersebut. Namun, dia mengonfirmasi bahwa benar tidak ada efek CGI di Oppenheimer.


Ia sebelumnya mengakui bahwa tanpa CGI, mencipta ulang adegan Trinity, peledakan senjata nuklir pertama di dunia, adalah tantangan besar yang harus dihadapi. Nolan dan Andrew Jackson yang bertanggung jawab dalam efek visual, sejak awal telah memikirkan bagaimana agar dapat melakukan banyak elemen visual film secara praktis, mulai dari merepresentasikan dinamika kuantum dan fisika kuantum hingga pengujian Trinity.


Nolan telah lama dikenal sebagai sutradara yang menghindari CGI demi melakukan aksi nyata. Di film 'Inception' misalnya, untuk menggambarkan adegan gravitasi nol derajat, dia membuat koridor berputar untuk mengabadikan momen tersebut.


Kemudian di 'Dunkirk', dia menemukan kapal perang sungguhan untuk adegan pertempuran film tersebut. Di film 'Tenet', sang sutradara menabrakkan pesawat sungguhan ke sebuah gedung. Maka wajar jika orang-orang menduga ia bisa melangkah lebih jauh di film Oppenheimer, terutama untuk membuat ulang ledakan senjata nuklir tanpa menggunakan efek khusus apa pun.


Berdasarkan tayangan di belakang layar (behind the scene) yang diposting oleh Universal Pictures, Nolan mengatakan bahwa para kru melakukan berbagai eksperimen dan menghasilkan banyak metode analog yang menarik tentang bagaimana melakukan pendekatan yang efeknya harus terasa nyata dan mengerikan tanpa grafik komputer.

Oppenheimer disutradarai dan ditulis oleh Nolan, didasarkan pada buku pemenang Hadiah Pulitzer Kai Bird dan Martin J. Sherwin, 'American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer.' Kisah film ini berpusat pada sosok Oppenheimer, seorang fisikawan teoretis Amerika yang mengawasi penemuan bom atom sebagai bagian dari Proyek Manhattan pada 1940-an. Oppenheimer sudah tayang di bioskop mulai 21 Juli 2023.

Sumber: Detik.com

0 Komentar