Ini Hewan Dengan Umur Terpendek di Dunia



Jakarta, Growmedia.com - 

Penyu bisa hidup hingga 100 tahun lamanya. Berkebalikan, hewan satu ini punya umur yang sangat singkat. Apa hewan dengan umur terpendek di dunia?

Hingga saat ini, ilmuwan yakin jika lalat capung merupakan makhluk dengan umur terpendek di dunia. Serangga air ini menetas dari telur sebagai nimfa dan hidup di bawah air hingga dua tahun. Mereka kemudian mengembangkan sayap untuk bertahan hidup.


Banyak lalat capung yang hidup kurang dari 24 jam dalam bentuk bersayapnya, sementara beberapa lainnya bahkan tidak bertahan 5 menit. Luke Jacobus, peneliti lalat capung dan profesor biologi di Indiana University-Purdue University Columbus, mengatakan jika sebagian besar lalat capung tidak memiliki mulut atau sistem pencernaan yang baik.


"Dengan tidak adanya sistem pencernaan yang besar, betina memiliki lebih banyak ruang untuk telur di dalam tubuhnya," kata Jacobus dikutip dari Live Science.


"Saya pernah melihat seekor individu yang penuh dengan telur bahkan ada di dalam kepalanya. Terkadang dengan lebih dari 10.000 telur per betina, mereka dapat memanfaatkan masa dewasanya yang singkat secara efisien," lanjutnya.


Seperti spesies lalat capung yang hidup cepat dan mati muda lainnya, lalat capung banyak dimangsa dan perlu menghasilkan anakan dalam jumlah besar agar cukup bertahan hingga dewasa.


Dari jenis lalat capung yang ada, lalat capung penggali pasir Amerika (Dolania americana) memiliki umur dewasa terpendek dari semua spesies yang tercatat, menurut Portal Keanekaragaman Hayati Sumber Daya Alam Georgia.


Lalat capung jantan hidup kurang dari satu jam setelah mencapai usia dewasa dan betina hanya memiliki waktu lima menit untuk berkembang biak sebelum mati.


Sumber : Detik.com

0 Komentar