Guru Yang Lulus Passing Grade PPPK di Deli Serdang Tak Sabar Terima SK




Deli Serdang, Growmedia.com - 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengeluarkan keputusan mengenai rincian penetapan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deliserdang untuk tahun 2023.


Totalnya ada 553 orang yang berkesempatan untuk bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Selama ini 553 orang itu telah lulus passing grade pada saat seleksi PPPK tahun 2021 dan berstatus P1.

Keputusan dari Kemenpan RB ini pun kini disambut baik oleh komunitas Guru Lulus Passing Grade PPPK 2021 (PLPG) Kabupaten Deliserdang. Hal ini lantaran sudah beberapa tahun belakangan ini mereka mondar-mandir dan terus mendesak Pemkab Kabupaten Deliserdang untuk berupaya agar mereka bisa diangkat.


Ketua PLPG Deliserdang, Elsa Surbakti yang diwawancarai mengaku sangat mengapresiasi soal keputusan Kemenpan RB ini. 


"Kita sangat senanglah karena memang ini harapan kita semua. Teman-teman kita itu juga sekarang sudah nggak sabar bilang kapan kita menerima SK ya. Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab yang juga sudah memperjuangkan kami. Selama ini kami terus datang ke dinas beraudiensi sana sini agar bisa kami diangkat juga yang telah lulus passing grade ini," ujar Elsa Surbakti, Sabtu (16/9/2023). 


Guru SD di salah satu sekolah di Kecamatan Deli Tua ini menyebut, diawal mereka yang senasib dan lulus passing grade total ada 577 orang.

Namun terakhir dari data yang ada di BKN ada sekitar 24 orang yang terakhir sudah pindah ke kabupaten/kota lain. Selain ada yang ikut suami dan juga meninggal dunia. 


"Ada teman kita PPPK-nya SMP, karena setelah dua tahun ini nggak ada kabar dia pindah mengajar ke SMK yang ada di Medan. Otomatis datanya di Deliserdang sudah merah nggak aktif lagi. Sudah kami tanya juga sama dinas katanya mereka mau konsultasi juga ke Pusat. Jadi karena hal-hal seperti itulah makanya berkurang dari 577 sekarang jadi 553," kata Elsa

Saking senangnya ada peluang untuk diangkat kedepannya, Elsa mewakili teman-temannya mengatakan ingin sekali kalau SK yang mereka terima nantinya bisa ditandatangani oleh Bupati Ashari Tambunan.


Sebab diketahui Ashari Tambunan telah mengajukan pengunduran diri, karena ingin maju sebagai Caleg DPR RI di Pemilu Legislatif 2024, namun mereka tetap ingin SK ditandatangani Bupati Deliserdang saat ini.


Informasi yang dihimpun, saat ini sudah ada Keputusan Menpan RB nomor 546 tahun 2023 tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota termasuk Deliserdang.


Dari 553 itu kuota untuk guru kelas yang paling banyak yakni sebanyak 349. Untuk guru bahasa Indonesia sebanyak 54, guru bahasa Inggris 25, guru bimbingan konseling 6, guru IPA 15, guru IPS 26, guru matematika 32, guru penjasorkes 4, guru PPKN 9, guru prakarya dan kewirausahaan 29, guru seni budaya 2 dan guru TIK 2.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Deliserdang, Faisal Rahman membenarkan adanya kuota 553 untuk diangkat menjadi PPPK bagi tenaga guru yang sudah lulus passing grade pada tahun 2021.

Karena itu kedepannya mereka tinggal seleksi administrasi saja. Jika memang administrasi bisa dilengkapi maka bisa untuk diangkat dan ditetapkan pada Februari 2024. 


"Tergantung bisa nggak melengkapi administrasi. Mereka cuma tinggal seleksi administrasi saja. Sementara ini cuma untuk tenaga guru saja yang ada di Deli Serdang. Itu memang program 1 juta pegawai di Indonesia. Kalau di Deli Serdang belum ada formasi umum karena keuangan kita kan nggak sanggup juga," kata Faisal.

Sumber : Tribunnews.com





0 Komentar