Ratusan Pendaki Diturunkan dari Gunung Lawu yang Akan Disterilkan karena Karhutla



Jawa Tengah, Growmedia.com - 

Seharian kemarin, personel satgas Perhutani di kawasan Gunung Lawu begitu sibuk. Sebab, mereka diinstruksikan mengawal 130 pendaki yang masih berada di gunung.

Instruksi tersebut tak terlepas dari kebijakan penutupan sementara jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Keputusan itu dituangkan melalui instruksi administrator Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Lawu bernomor 0255/043.7/LWU/2023.

”Penutupan dalam rangka antisipasi kebakaran hutan serta keamanan dan keselamatan para pendaki maupun masyarakat sekitar Lawu,” kata Kepala Bagian KPH Lawu Selatan Windu Prasitama kemarin (10/9).

Dia menjelaskan, setelah terbitnya instruksi tersebut, masih ada sekitar 130 pendaki yang berada di gunung. Satgas Perhutani akan melakukan pengawalan supaya para pendaki itu turun.

Sebab, sejak kemarin, jalur pendakian harus steril. Penutupan tersebut berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu, KRPH Sarangan Supriyanto menyampaikan bahwa penutupan sementara Cemoro Sewu disebabkan imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

”Berdasar kesepakatan, empat jalur pendakian ditutup semua. Yakni, Cemoro Sewu dan Singolangu di wilayah Magetan serta Cemoro Kandang dan Candi Cetho di Jawa Tengah,” ujar Supriyanto.

Perhutani juga mempersiapkan satgas inti dan satgas khusus untuk berpatroli setiap hari.


Sumber : Garudanews24.id

0 Komentar