Cegah Aksi Bullying, Tim KKN UBY 1 Gelar Sosialisasi Anti Perundungan dan Stop Bullying




Boyolali || Growmedia-indo.com M
arak terjadinya aksi bullying di dunia pendidikan. Sekolah Dasar menjadi tempat paling rentan terjadinya kasus bullying. Kasus bullying ini sangat memprihatinkan. Tak jarang korban bullying mengalami gangguan psikis dan mental. Melihat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari tindakan bullying, tim KKN UBY Kelompok 1 berupaya mencegah tindakan bullying di tingkat sekolah dasar melalui Sosialisasi Anti Perundungan dan Stop Bullying di SDN 3 Paras. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim KKN UBY Kelompok 1 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu (04/11/2023). Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas 3 sampai kelas 6, dengan total target 55 siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi tentang anti perundungan dan bullying.



Dalam pemaparannya edukasi tentang perbuatan-perbuatan yang termasuk dalam kategori perundungan dan perundungan antar teman, hukuman apa yang akan diterima, dan dampak psikologis akibat perilaku negatif tersebut.

Materi disampaikan secara kreatif oleh narasumber. Selain melalui media power point, narasumber juga menayangkan video tentang kasus bullying di Sekolah Dasar untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi bullying. Animasi bertema bullying ini tidak hanya berguna untuk mendidik siswa, tetapi juga dapat menghibur siswa. Untuk menguji tingkat pemahaman siswa diadakan sesi tanya jawab yang diselingi dengan games dan Bagi-bagi dooprize.



“Kegiatan ini dinyatakan berhasil dibuktikan dengan siswa mampu menjawab dengan tepat ketika ditanya seputar materi. Setelah kegiatan ini diharapkan perilaku siswa menjadi lebih baik, serta saling menyayangi dan menghargai satu sama lain agar dapat meminimalisir terjadinya bullying bahkan menghilangkan bullying di sekolah”, tambah Dwi Imroatus


Sumber : KKN UBY Kelompok 01 Desa Paras, Cepogo, Boyolali

0 Komentar