Game Sambal Lethok, Game Edukatif Makanan Tradisional Boyolali Berbasis Android


Boyolali ||
Growmedia-indo.com Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Boyolali (KKN-UBY) Tahun 2023-2 yang tergabung dalam kelompok 8 melakukan kegiatan pelatihan permainan sambal lethok kepada siswa kelas 4, 5 dan 6 di SD Negeri 1 Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali (Selasa, 14/11/2023).

Permainan sambal lethok didesain secara inovatif dengan menggabungkan media suara, gambar dan tulisan. Siswa tidak hanya mendapatkan kesenangan dengan bermain tetapi juga mendapatkan manfaat dari permainan itu sendiri, yaitu meningkatnya pemahaman dan pengalaman anak-anak tentang budaya dan kearifan lokal Boyolali terutama dalam bentuk makanan tradisional Boyolali, sambal lethok.

Fera Tri Wulandari, S.Kom, M.Kom menyampaikan bahawa makanan tradisional adalah bagian dari warisan leluhur yang perlu dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya agar ada penerusnya dan tidak hilang begitu saja. tandasnya 

Sambal lethok, makanan khas Boyolali yang terbuat dari cabai, terasi, dan bahan-bahan alami lainnya, kini menjadi bintang dalam dunia digital melalui permainan interaktif ini. pilihan untuk platform Android, Sambal Lethok hadir sebagai langkah inovatif untuk mempromosikan warisan kuliner daerah secara menyenangkan dan informatif.

Selain Game sambal lethok, siswa dikenalkan dengan kiddle.co, yaitu mesin pencari sekelas google untuk anak-anak. Siswa juga diajak belajar sambil bermain dengan menggunakan aplikasi Tuxmath. 

Dengan aplikasi tersebut siswa untuk belajar mengenal angka, belajar berhitung dan mengenal komputer dengan cara yang menyenangkan. Siswa juga diberikan pemahaman tentang dampak negatif penggunaan gadget terutama saat gadget terkoneksi dengan internet. 

Kegiatan ini dilakukan dengan harapan siswa menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan gadget sehingga terhindar dari kejahatan internet yang mengarah pada pelanggaran UU ITE.


Sumber : Kelompok 8 KKN UBY Desa Gedangan, Cepogo Boyolali

0 Komentar