Kelompok 9 KKN UBY Mendorong Pengukuhan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata)


Boyolali || Growmedia-indo.com Bersama Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DISPORAPAR) Boyolali, kelompok 9 KKN Universitas Boyolali mendorong pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) serta mengadakan diskusi guna menggagas dan menggali potensi wisata di desa Genting, Cepogo, Boyolali pada Senin ( 20/11/2023).

“Di Desa Genting sendiri sebenarnya sudah ada beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal di kancah lokal maupun nasional. Akan tetapi manfaatnya belum begitu dapat dirasakan oleh masyarakat desa. Dengan itu mari bersama kita menggagas kembali konsep desa wisata yang mampu memberi manfaat pada masyarakat.” ujar Ketigo Cahyo Koordinator Kelompok 8

Bersama POKDARWIS, Kelompok tani, Pelaku UMKM, dan karang taruna Desa Genting yang dengan dibimbing oleh DISPORAPAR diharapkan dapat tercipta suatu gagasan konsep desa wisata yang ideal dan mampu mengangkat sektor pertanin serta UMKM setempat, yang diharapkanya memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat desa Genting .



Kegiatan ini bagian menjadi 3 sesi acara, sesi pertama dilakukan dengan menyampaikan materi dari DISPORAPAR, menjelaskan tentang aspek aspek apa saja yang berpotensi dapat dijadikan wisata. Tentang hal hal apa saja yang bisa diangkat dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. 

Sesi kedua dilanjutkan dengan duduk melingkar, bersama bertukar pikiran. Dari masing-masing kelompok perwakilan secara bergantian mengutarakan pendapat dan harapan terkait keberlanjutan desa wisata Genting kedepannya.

Acara ditutup dengan semangat gembira, dengan memberikan hasil gagasan bagaimana konsep desa wisata yang dirasa ideal dan relevan dengan keadaan desa Genting.

Harapan mahasiswa KKN dengan terselanggaranya acara ini diharapkan gagasan konsep yang telah dihasilkan dapat terealisasikan, serta mampu memberikan edukasi serta manfaat positif yang bagi masyarakat.



Sumber : KKN UBY Kelompok 9 Desa Genting, Cepogo, Boyolali

0 Komentar