KKN Kelompok 10 UBY Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Nitrobacter


Boyolali || Growmedia-indo.com Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 10 Universitas Boyolali mencapai puncak kebermanfaatan dengan menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Nitrobacter di Kampung Germas Dukuh Sambungrejo RT 28, RW 04. Pada Sabtu (25/11/2023)

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan alternatif pupuk cair pertanian organik kepada masyarakat setempat. Kegiatan ini dinarasumberi oleh Ayub Subekti selaku anggota kelompok 10.

"Dalam pemaparannya pentingnya Nitrobacter dalam mengoptimalkan kualitas tanah dan hasil pertanian. Nitrobacter adalah mikroorganisme yang dapat meningkatkan kandungan unsur hara tanah, sehingga tanaman dapat tumbuh lebih sehat dan produktif dengan menggunakan Nitrobacter, kita dapat beralih ke pertanian organik yang lebih ramah lingkungan.” ujar Ayub Subekti

Kegiatan tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi mereka juga diajak untuk secara langsung terlibat dalam pembuatan pupuk organik menggunakan Nitrobacter.



"Kami sangat mengapresiasi upaya mahasiswa KKN Kelompok 10 Universitas  Boyolali yang berusaha mendekatkan alternatif pupuk cair ke masyarakat kami. Semoga ilmu yang diberikan dapat memberikan dampak positif bagi pertanian di kampung kami." Ujar Muslikah selaku peserta

Kegiatan ini dipaparkan oleh Ayub Subekti dengan memberikan panduan langkah demi langkah tentang pembuatan pupuk organik, menjelaskan manfaatnya, dan memberikan tips untuk penggunaan yang efektif.

Para peserta begitu antusias mengikuti sosialisasi dan pelatihan pembuatan Nitrobacter dan beberapa warga mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman mereka.

"Kami merasa sangat terbantu dan bersyukur atas kesempatan ini, hal ini merupakan pengetahuan baru bagi kami mengenai pupuk organik. Terima kasih kepada mahasiswa KKN kelompok 10 Universitas  Boyolali yang telah berbagi ilmu dengan kami," ujar salah seorang peserta.

Harapan Mahasiswa KKN kegiatan ini dapar dapat mendukung pertanian berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan bersama dan berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar Boyolali.



Sumber : KKN Kelompok 10 Desa Mliwis, Cepogo Boyolali

0 Komentar