Lestarikan Budaya Jawa! Tim KKN-UBY ajak siswa Nembang Macapat


Boyolali || Growmedia-indo.com Peran pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan. Pendidikan dapat membentuk karakter dan sikap individu terhadap kehidupan dan orang lain.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Universitas Boyolali (KKN-UBY) Tahun 2023-2, Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 8 dengan dosen pembimbing Fera Tri Wulandari, S.Kom., M.Kom dan Tegar Herbiyana Putra, S,H., MH melakukan edukasi budaya Jawa di SD Negeri 1 Gedangan (Kamis, 09/11/2023).

Edukasi yang dilakukan salah satunya pelatihan Tembang Macapat kepada siswa kelas 5. Jenis tembang macapat yang dilatih yaitu Dhandanggula, Gambuh dan Kinanthi. Pengenalan tembang macapat pada siswa adalah salah satu cara untuk menanamkan nilai karakter, karena di dalam tembang macapat terdapat nilai-nilai moral yang dapat dijadikan pembelajaran atau pesan moral kepada diri sendiri.

Pengenalan tersebut bertujuan agar siswa-siswi dapat mengenali dan menyanyikan tembang tersebut sesuai nada atau laras yang baik serta memahami maknanya
Pada kegiatan tersebut tim KKN kelompok 8 juga menyampaikan materi dengan ringkas dan mudah dipahami. Siswa diajak untuk langsung mempraktekkan cara membaca notasi tembang macapat khususnya Dhandanggula. 

Agar cara membaca nada dasar mudah dihapalkan salah satu mahasiswa KKN memberikan contoh praktik langsung dalam menyanyikan tembang macapat Dhandanggula. Selain tembang macapat, tim KKN juga melakukan edukasi geguritan (puisi jawa) dan menggambar kategori batik dengan menampilkan motif khas Boyolali. 
Kepala sekolah SD Negeri 1 Gedangan, Cakep Suroto, S.Pd memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini mengajarkan siswa untuk melakukan pelestarian budaya jawa. 

"Kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi pihak sekolah yaitu mendapatkan metode baru dalam mengajarkan nilai karakter melalui tembang, geguritan dan menggambar kategori batik." katanya.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi siswa-siswi SD khususnya di desa Gedangan untuk mengenali budaya Jawa dan dapat mempelajarinya untuk dilestarikan agar memiliki generasi penerus di kemudian hari.




Sumber : KKN Kelompok 8 UBY Desa Gedangan, Cepogo, Boyolali

0 Komentar