Waspada Kecanduan Gadget! Mahasiswa Universitas Boyolali Adakan Sosialisasi Dampak Gedget Pada Anak-Anak


Boyolali || Growmedia-indo.com Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Lapangan) Kelompok 12 Universitas Boyolali mengadakan sosialisasi akan Pentingnya Membangun Komunikasi Antara Orang Tua Dan Anak Dalam Upaya Mencegah Kecanduan Gadget di Dukuh Tumangsari,Desa Cepogo,Kecamatan Cepogo,Kabupaten Boyolali.Pada Minggu (25/ 11/2023).

“Pentingnya komunikasi antara orang tua dan anak guna membangun hubungan keluarga sekaligus memberikan dampak psikologis yang positif bagi anak agar tidak memiliki kecenderungan bermain gadget”. Ujar  Sri Hartini, SIKom., MIKom, selaku dosen UBY

Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut untuk memberikan edukasi dan pengetahuan tentang berbagai dampak positif dan negatif dari gadget, serta apa saja yang mempengaruhi anak dalam kecanduan gadget.

“Komunikasi yang baik sangat efektif untuk merekatkan hubungan antara orang tua dengan anak-anak mereka sehingga akan mengoptimalkan anak-anak yang tidak memiliki kecenderungan gadget, beliau menambahkan bahwa komunikasi  antara orang tua dan anak akan menumbuhkan rasa empati, keterbukaan, hingga memperkuat hubungan dua arah ”. ”ujar Sri Hartini

Pola komunikasi dua arah harus diterapkan oleh orang tua kepada anaknya, sehingga anak juga tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, penuh rasa empati, dan memiliki konsep diri yang baik dan orang tua harus menerapkan pola asuh komunikatif secara rutin dan mengintensifkan di mana kemajuan teknologi sangat mempengaruhi kepribadian seseorang, Salah satu teknologi yaitu gadget.

Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus. Disertai juga dengan kecanggihan informasi yang dapat memudahkan anak-anak yang berusia 6-9 tahun untuk mengakes segala sesuatu yang mereka perintahkan. Gadget juga dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang, hal itu tergantung pada anak tersebut menggunakan gadget yang mereka gunakan". Ujar  Sri Hartini

Kemajuan teknologi nyatanya tidak hanya merambah dikalangan anak muda dan orang dewasa saja, namun juga masuk ke kehidupan anak-anak di bawah umur. Saat ini banyak dari mereka yang telah memiliki gadget sendiri karena kebutuhan sekolah. Salah satu pertanyaan yang diajukan peserta adalah bagaimana cara mengatasi anak yang susah diatur karena tidak main gadget oleh orang-orang?”

Sri Hartini, SIKom., MIKom., menjawab terkait dengan pola berkomunikasi dengan anak bagaimana cara kita sebagai orang tua harus melalui pendekatan terhadap anak dan orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak mengenai bahaya gadget. selanjutnya para orang tua harus melakukan pendampingan yang berkesinambungan selama anak menggunakan gadget. 

Seiring dengan kemajuan teknologi, para orang tua untuk membangun komunikasi pada anak dalam penggunaan gadget menjadi sangat penting dalam upaya memberikan pola asuh yang baik di era digital,”tutupnya.


Sumber : KKN Kelompok 12 Tumangsari, Cepogo, Boyolali

0 Komentar