Cegah Penindasan! Mahasiswa Universitas Boyolali Sosialisasi Anti-Bullying kepada anak SD



BOYOLALI || Growmedia-indo.com Kegiatan sosialisasi ANTI BULLYING dilaksanakan pada Jumat (24/11/2023) siang, yang bertempat di posko KKN Kelompok 12 Universitas Boyolali, Desa Kupo,Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, oleh mahasiswa KKN Kelompok 12 Universitas Boyolali. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi tindak kekerasan pada anak serta menciptakan suasana yang nyaman dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah

“Karena bullying merupakan salah satu faktor penghambat anak-anak untuk belajar dan perkembangannya juga dapat terganggu,” kata Fasiha Mahasiswa KKN 12 Kelompok Universitas Boyolali

Bullying merupakan suatu bentuk perundungan atau pengambilan yang dilakukan oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat secara sengaja terhadap orang yang lebih lemah dengan tujuan untuk menyakiti hati dan fisik orang lain. Bullying ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kurangnya perhatian orang tua, pengaruh dari teman sebaya, kepribadian dan lain sebagainya.

Bullying dapat terjadi dimana saja, seperti lingkungan rumah, sekolah, sosial dan media sosial. Pelaku bullying juga dapat berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sosialisasi dilakukan dengan memberikan materi kepada anak – anak Desa Kupo dan 5 terkait pentingnya pemahaman dengan jelas tentang Bullying, jenis-jenis Bullying, dampak dalam kehidupan sehari-hari, serta cara mengatasi terjadinya Bullying. Kegiatan sosialisasi setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan icebreaking dan menonton bersama 'film animasi melawan perundungan seri pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan. Penayangan animasi ini dilakukan agar anak - anak SD tidak merasa bosan dan bisa lebih memahami secara nyata melalui audio visual.

Kegiatan sosialisasi tersebut diakhiri dengan membagikan hadiah yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil yang akan dicapai setelah pelaksanaan program ini adalah anak-anak Dukuh Kupo mengetahui tentang bahaya perbuatan Bullying yang terjadi dalam kehidupan baik di lingkungan sekolahan maupun di lingkungan masyarakat luar.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat mengurangi cucuran yang terjadi dikalangan anak-anak maupun remaja. Karena bullying ini sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan dapat menyebabkan rusaknya mental anak yang menjadi korban bullying tersebut.


Sumber : KKN UBY Kelompok 12 Kupo, Cepogo, Boyolali

0 Komentar