Ekonomi RI Tak Pernah di Bawah 4%, Ujar Wamendag

 


Jakarta, Growmedia-indo.online-

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga bangga dengan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Ia menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil kisaran lima persen.

"Enggak pernah kita di bawah empat persen. Artinya kondusif, bagus, stabil, dan yang paling penting konsisten," kata Jerry saat ditemui di Jakarta pada Rabu, 15 Mei 2024..

Selain itu, Jerry juga menerangkan neraca perdagangan Indonesia saat ini surplus di angka rata-rata USD2 miliar.

"Kita akumulasi sampai Maret itu sekitar USD7 miliar. Jadi ini tentu didukung semua pihak bukan hanya Kemendag tapi juga para pelaku," terang dia.

Inflasi stabil


Di sisi lain, Jerry juga menyebut rendahnya angka inflasi Indonesia yang berada di bawah angka tiga persen menunjukkan, inflasi Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

"Bagus (inflasi terjaga), terima kasih kepada semua jajaran yang berupaya bahu-membahu kita di bawah tiga persen. (Inflasi) cukup rendah dimana negara-negara lain di seluruh dunia inflasinya tinggi," tukas dia.

Ketiga hal tersebut, sambung Jerry, berhasil dicapai berkat koordinasi yang baik antarlintas kementerian/lembaga baik Kemendag, Kemenkop UKM, serta pemerintah daerah (pemda).
"Ini penting karena kalau kita bicara produk-produk banyaknya di daerah. Dan di daerah bersinergi dengan lintas pemda ini yang harus kita tanamkan dan ingat-ingat bahwa memajukan produk-produk harus banyak koordinasi dan sinergi," tutur Jerry.



0 Komentar