Investasi Pendidikan Jadi Kunci Percepatan Indonesia Maju, Ucap Rektor Unair

 


Jakarta, Growmedia-indo.online-

Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih, menyebut investasi pendidikan menjadi modal utama dalam proses membawa percepatan Indonesia maju.

Hal tersebut diungkapkan olehnya pada acara diskusi kebangsaan dengan tajuk Gagasan Unair Menuju Indonesia Maju 2034 pada Selasa (14/5).
Nasih menyebut, kajian-kajian akademik untuk mempercepat Indonesia maju yang dicanangkan 2045 ini bisa lebih cepat 11 tahun pada 2034 dengan beberapa upaya yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pengembangan SDM melalui pendidikan.
“Bagaimana kualitas pendidikan kita itu dan aksesibilitas pendidikan kita itu bisa lebih baik lagi, karena fondasi dari sebuah kemajuan itu adalah adanya masyarakat yang well-educated, well trained dan kemudian produktivitasnya tinggi,” ujarnya di acara tersebut.

"Indikatornya simple aja dan itu kuncinya ada di pendidikan,” imbuhnya.

Selain itu, Prof. Nasih mengatakan pemerintah ke depan sebaiknya tak hanya berfokus pada investasi infrastruktur namun investasi pendidikan sebagai penopangnya.
“Kalau berfokus hanya mohon maaf pada investasi, maka hasil dari investasi itu hanya akan dinikmati oleh investor, tetapi kalau investasi nya dalam bidang pendidikan maka hasil investasi itu akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.
“Usulan kita adalah bagaimana SDM kita yang merupakan modal dasar yang kita punya sangat luar biasa ini bisa meningkat lagi dan itu kuncinya di pendidikan,” sambungnya.
Acara diskusi tersebut turut dihadiri oleh sejumlah tokoh termasuk eks Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang hadir sebagai Ketua Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP IKA) Unair. Selain itu, turut hadir pula Ketua Forum Pemred, Arifin Asydhad.

0 Komentar