Israel Bunuh 35 Ribu Orang di Gaza

 


Growmedia-indo.online-

Sekjen PBB Antonio Guterres meminta gencatan senjata sesegera mungkin di Gaza. Seruan itu disampaikan saat korban jiwa serangan Israel ke Gaza menembus 35 ribu lebih orang.

Pernyataan Guterres disampaikan lewat sebuah video yang dirilis pada acara amal yang digelar di Kuwait pada Minggu (12/5) waktu setempat.
Guterres menekankan Hamas harus membebaskan semua sandera Israel tanpa syarat. Dia juga meminta agar bantuan kemanusiaan ke Gaza bisa masuk secepatnya.
"Gencatan senjata hanya sebuah awal," ucap Guterres seperti dikutip dari Al-Jazeera.
Saat seruan disampaikan Guterres, tank-tank Israel dilaporkan menyerang Jabalia. Di tempat lain, serangan Israel di Beit Lahiya dan Rafah menewaskan puluhan orang warga Gaza.
Menurut laporan kantor berita Palestina, WAFA, terdapat 12 jenazah yang berada di rumah sakit Kamal Adwan di Beit Lahiya pada hari Minggu kemarin.
Keterangan pejabat badan Pertahanan Sipil Palestina di Gaza, Mahmoud Basal, tidak ada lagi bantuan medis dan kemanusiaan bagi warga Gaza, khususnya di bagian utara.
"Kami kehilangan 80 persen kemampuan dan tak ada yang merespons seruan yang kami sampaikan ke institusi internasional," ujar Basal.
Sedangkan badan urusan pengungsi Palestina, UNRWA, menyebut bahwa selain 35 ribu korban jiwa, terdapat 300 ribu orang yang angkat kaki dari kamp pengungsian di Rafah.
Rafah merupakan tempat pengungsian warga Gaza dari serangan Israel. Akan tetapi, sejak Mei ini Israel malah meningkatkan intensitas serangan ke Rafah.

Sumber: kumparan.com

0 Komentar