Kemenkes Didesak untuk Aktif Dalam Gencarkan Program Pencegahan DBD


Jakarta, Growmedia-indo.online-

Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) didesak menggencarkan program pencegahan demam berdarah dengue (DBD). Kasus DBD melonjak dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

“Gencarkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan gerakan 3M Plus (menguras, mengubur dan mendaur ulang),” kata anggota Komisi IX DPR Charles Honoris kepada wartawan, Rabu, 22 Mei 2024.

Charles mengatakan dinamika kasus DBD harus menjadi perhatian. Data per minggu ke-18 2024, terdapat 91.269 kasus DBD dan 641 orang meninggal.

"Padahal periode minggu yang sama pada tahun 2023 ada 29.822 kasus dengan 227 orang meninggal. Berarti ada peningkatan tren kasus berkali-kali lipat," papar dia.

Charles mendorong Kemenkes menaruh perhatian serius pada kasus DBD. Kemudian menyusun langkah-langkah penanganan strategi.

“Dengan memperkuat payung hukum strategi nasional penanggulangan demam berdarah sehingga ada langkah yang komprehensif,” ujar dia.

Selain itu, Charles mengimbau Kemenkes memperkuat kolaborasi. Misalnya dengan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah.

“Untuk mengintensifkan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat atas program penanggulangan DBD,” jelas dia.


Sumber: metrotvnews.com

0 Komentar