Bibit Siklon Tropis 98W Terdeteksi di Laut Filipina: Berdampak Pada Cuaca di Wilayah Sulawesi Utara dan Sekitarnya

(sumber gambar: Instagram @infobmkg)

Sulawesi Utara- Cuaca di wilayah Sulawesi Utara belakangan ini terbilang tidak bersahabat dengan hujan lebat dan angin kencang yang melanda sejumlah wilayah. Tak Hanya itu saja ,per hari ini akun Instagram @info BMKG juga menyatakan Bibit Siklon Tropis 98W terdeteksi berada di Laut Filipina, sekitar 7.2 LU 128.2°BT. Siklon ini saat ini memiliki kecepatan angin maksimum mencapai 20 knots (sekitar 37 km/jam) dengan tekanan udara minimum 1009.0 hPa, bergerak ke arah barat laut menuju kepulauan bagian timur Filipina.

Menurut prediksi BMKG, dalam 24 jam ke depan (Kamis), Bibit Siklon Tropis 98W memiliki potensi rendah untuk berkembang menjadi siklon tropis. Dalam rentang waktu 48-72 jam ke depan (Jumat-Sabtu), potensi tersebut tetap rendah.

Dampak dari Bibit Siklon 98W terhadap kondisi cuaca meliputi hujan sedang hingga lebat yang dapat mempengaruhi wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, serta bagian utara Sulawesi Tengah. Selain itu, angin kencang juga diprediksi terjadi di Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Gelombang laut tinggi dengan ketinggian 1.25-2.5 meter (Moderate Sea) diperkirakan akan terjadi di perairan Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe - Talaud, Laut Maluku bagian utara, dan Samudera Pasifik utara Halmahera.

Masyarakat diminta untuk tetap waspada dan mengambil langkah pencegahan yang diperlukan, serta senantiasa memperbarui informasi cuaca dari website resmi BMKG, aplikasi, dan media sosial @infobmkg untuk mendapatkan informasi terbaru dan rekomendasi keselamatan.

0 Komentar