Rp 1,5 Miliar Hangus Akibat Kandang Ayam Dilalap Si Jago Merah

Pati, growmedia-indo.com

Kejadan naas menimpa pemilik kandang ayam di Desa Bermi, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang mengalami kebakaran hebat. Kandang ayam milik Moh Sodiqin, di Desa Bermi, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terbakar hebat. Dalam kejadian ini kerugian materi senilai sekitar Rp 1,5 miliar harus ditanggungnya.


Kejadian kandang ayam terbakar itu diketahui warga sekitar pukul 20.00 WIB, Jumat (21/6/2024). Saat itu api sudah berkobar di kandang ayam yang berisi sekitar 3.500 ekor ayam siap jual.


Warga pun langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun lantaran api tak terkendali, mereka pun melaporkan kejadian ke Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati.

                                                     

Kasatpol PP Kabupaten Pati Sugiyono memaparkan, pihaknya langsung memerintahkan dua unit armada damkar untuk bergegas ke lokasi kebakaran. Satpol PP Kabupaten Pati juga mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak.


”Kami terjunkan 2 armada truk pemadam kebakaran Pos Pati. Kami juga dibantu 1 unit truk suplai PMI Kabupaten Pati, 1 unit truk suplai BPBD Kabupaten Pati, 1 unit Damkar PT Garuda food dan 3 truk tangki milik swasta lainnya,” ujar Sugiyono kepada Murianews.com, Sabtu (22/6/2024).


Mereka, para petugas Damkar Pati langsung berjibaku mencoba memadamkan si jago merah yang membakar kandang ayam itu. Anggota Polisi dan TNI juga ikut mencoba memadamkan api. Hingga akhirnya, si jago merah berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.23 WIB.


Kerugian ditaksir sekitar Rp 1,8 M


”Pos Damkar Pati menerima laporan pada pukul 20.03 WIB. Api dapat di padamkan dan selesai pendinginan pada jam 23.23 WIB,” jelas Sugiyono.


Selain bangunan kandang ayam, sejumlah barang dan harta milik Moh Sodiqin juga ikut hangus terbakar. Di antaranya 1 unit dump truk, 3.500 ekor ayam siap jual, gas elpiji 12 kilogram dan 1 unit genset.


Pemilik bangunan kandang ayam mengalami kerugian tak sedikit dalam kejadian ini. Akibat kebakaran kandang ayam ini, Satpol PP menaksir kerugian yang terjadi mencapai kurang lebih Rp 1,5 miliar.


”Untuk korban jiwa nihil. Tapi kerugian kebakaran ini cukup besar yakni kurang lebih Rp 1,5 miliar,” tandas dia.


Satpol PP Kabupaten Pati menduga kebakaran kandang ayam ini dipicu oleh korsleting listrik. Atas kejadian ini, Satpol PP Kabupaten Pati berharap masyarakat menggunakan instalasi listrik yang standar.

(im)


0 Komentar