Meriahnya Hari Ulang Tahun Nias Selatan ke-21 Tahun 2024

Nias Selatan, growmedia-indo.com -

Hari jadi Kabupaten Nias Selatan yang jatuh pada tanggal 28 Juli bertepatan dengan dibentuknya Kabupaten Nias Selatan melalui UU Nomor 9 Tahun 2003 yang ditetapkan pada tanggal 28 Juli 2003, hari ini dirayakan ulang tahunnya yang ke-21 dengan tema "Budaya Unggul, Nias Selatan Maju" bertempat di Lapangan Orurusa Teluk Dalam, Senin, 29 Juli 2024.


Diawali dengan pelaksanaan upacara dengan Irup Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH dan Danup Asisten Bidang Administrasi Umum Yohanes M. Nehe, S.STP, M.Ec.Dev serta  pembaca sejarah singkat pemekaran Kabupaten Nias Selatan oleh Sihamanis Buulolo dari Bamuspernis dengan peserta upacara dari ASN, Camat, Koramil Teluk Dalam, Polres Nias Selatan, Kejari Nias Selatan, Lanal Nias, Lapas Teluk Dalam dan THL.


Melalui pidatonya, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, menyampaikan terima kasih kepada perintis atau pejuang pemekaran Kabupaten Nias Selatan melalui wadah Bamuspernis yang dengan susah payah memberhasihkan Nias Selatan menjadi sebuah Kabupaten yang tidak diberikan secara cuma-cuma tetapi diperoleh melalui banyak tantangan dan perjuangan.


"Dalam usianya yang ke-21, Kabupaten Nias Selatan sudah semakin baik, dan diharapkan kerjasama dari berbagai pihak untuk menjadikannya lebih baik lagi dengan mengembangkan potensi-potensi yang ada terutama pelestarian budaya sebagai aset daerah," lanjut Hilarius.


Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan kegiatan perayaan yang diawali dengan penyampaian Firman Tuhan oleh Pdt. Firmanfati Dohona, S.Pd.K (Pendeta GBI Jalan Baru), dan diisi dengan berbagai kegiatan menarik yaitu : penampilan penyanyi asal PP. Batu Meny Fanaetu, pemotongan kue ulang tahun, pelepasan burung merpati,  Fashion show dari UNIRA, pembacaan puisi, penampilan sanggar Solare Li (Sararaholi) dan sanggar Faomasi (Desa Hiliganowo) serta penampilan marching band dari SMPN 1 Teluk Dalam dan SMPS Bintang Laut, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada peraih juara pertandingan bola voli dan tarik tambang, yaitu pada voli putra: Bank Sumut (juara 1), BPKPAD (juara 2), Dinkes (juara 3) dan DPMD (juara 4) serta voli putri : Dinas PUPR (juara 1), Dinkes (juara 2), Setwan (juara 3) dan Dinas Lingkungan Hidup (juara 4). Sedangkan pada pertandingan tarik tambang, kelompok putra : Satpol PP & Linmas (juara 1), Dishub (juara 2), BPKPAD (juara 3) dan Dinas Perikanan & Kelautan (juara 4) serta kelompok putri: Dinkes (juara 1), Setda (juara 2), BPKPAD (juara 3) dan Satpol PP & Linmas (juara 4).


Pada kesempatan itu, Bupati Hilarius Duha meresmikan pengoperasian ambulance "AMBIN TERAJANA" (Ambulance Babinsa Terjang Jalanan) yang merupakan hasil karya inovatif Danramil 13/ PP. Batu Letda Inf. Agustinus Zega yang nantinya akan digunakan untuk sarana prasarana sosialisasi dan pelayanan kesehatan sampai ke pelosok desa yang belum dapat diakses oleh kendaraan roda empat.


Hadir pada giat ini Danlanal Nias Kol. Laut (P) Wishnu Adriansyah SE.,M.Tr.Harla., CHRMP, Kapolres AKBP Boney Wahyu Wicaksono, SIK., MH, Kajari Nias Selatan Dr. Rabani M. Halawa, SH.,MH, beserta Ibu, Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Torang Parulian Malau,.S.IP, beserta Ibu, Ketua Umum Bamuspernis Sidi Adil Harita, S.Sos beserta pengurus dan tokoh Pemekaran Kab. Nias Selatan, Sekda Ir. Ikhtiar Duha, MM, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Ketua TP. PKK Kab. Nias Selatan  Ny. Yustina Hilarius Duha, Ketua Bidang I TP. PKK Ny. Katarina Firman Giawa, Ketua DWP Ny. Martina Ikhtiar Duha, Pimpinan/mewakili Instansi Vertikal, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan LSM/Pers.


(MarTaf)

0 Komentar