MTQ Kelurahan Kota Bengkalis Resmi Dibuka, Semoga Lahir Qori Terbaik dan Berkualitas

Bengkalis, Growmedia-indo -

Camat Bengkalis, Taufik Hidayat resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kelurahan Kota Bengkalis, Selasa 2 Juli 2024, di halaman Masjid Assa' Adah Kota Bengkalis.


Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qu'an bersama qori jemputan Jumiarti, sebagai juara MTQ virtual antar bangsa di Singapura tahun 2023, dan Rena Sukma juara II Qiraat Mujawwad tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019.


Pembukaan MTQ Kelurahan Kota Bengkalis ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Camat Bengkalis bersama Lurah Kota Bengkalis, Ketua Panitia MTQ, Pimpinan Cabang BSI Bengkalis, Forkompincam Bengkalis dan Ketua LPTQ kelurahan Kota Bengkalis.


Dalam arahan Camat Bengkalis Taufik Hidayat mengatakan, melalui perhelatan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis diharapkan mampu melahirkan para generasi yang cinta Al-Qur'an, dan melahirkan para qori-qoriah terbaik serta berkualitas di Kelurahan Kota Bengkalis.


"Mari kita jadikan kegiatan MTQ ini, sebagai ajang motivasi untuk mempelajari, mencintai, mendalami dan membumikan Al-Qur'an. Jadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup sehari-hari," ajak Camat Bengkalis.


Taufik juga berharap melalui MTQ Kelurahan Kota Bengkalis, dapat berdampak positif bagi masyarakat baik itu sosial, ekonomi dan keagamaan.


Selanjutnya Taufik menyampaikan beberapa program unggulan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati H. Bagus Santoso seperti satu da'i satu desa dan kelurahan, dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang berakhlak mulia.


"Mari kita manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat. Melalui dana Bermasa satu miliar satu desa dan kelurahan, mari kita wujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,"ungkap Camat.


Sementara itu, Lurah Kota Bengkalis Muhammad Nuryan Friadi mengatakan, selain sebagai ajang untuk mensyiarkan Al-Qur'an, perhelatan MTQ Kelurahan Kota Bengkalis hendaknya dijadikan sebagai momentum menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an terutama bagi generasi muda.


Lebih lanjut Lurah menyebutkan, pelaksanaan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis mempelajari dan memahami nilai-nilai Al-Qur'an, untuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.


Nuryan juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati H. Bagus Santoso atas program unggulan dana Bermasa.


"Terima kasih Buk Bupati, atas program dana Bermasa yang sangat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Kami Kelurahan Kota Bengkalis siap mendukung program-program unggulan Bupati Bengkalis," ujarnya Lurah.


Selanjutnya Ketua Panitia MTQ Kelurahan Kota Bengkalis yang juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Suwarto mengatakan, tujuan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis, terwujudnya peserta MTQ terbaik dan berkualitas yang akan mewakili Kelurahan Kota Bengkalis di tingkat kecamatan.


Kemudian terwujudnya syiar Islam dalam lantunan ayat suci Al-Quran, sehingga melahirkan para tahfiz di Kelurahan Kota Bengkalis. Dan berdampak positif, baik itu sosial, keagamaan maupun perekonomian masyarakat.


Lebih lanjut Suwarto mejelaskan, jumlah peserta MTQ sebanyak 63 orang, dengan rincian cabang tartil anak 25 orang, tilawah anak 15 orang, tilawah remaja 15 orang dan cabang tilawah dewasa 9 orang.


Adapun tema MTQ Kelurahan Kota Bengkalis tahun 2024 "Membumikan Al- Qur'an, Melangitkan Manusia, Mewujudkan Generasi Yang Berakhlak Mulia Menuju Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera".


Acara pembukaan MTQ berlangsung meriah dan semarak dengan diadakannya kegiatan CFN, guna menumbuh kembangkan UMKM bagi ekonomi kerakyatan.


Pembukaan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis, dihadiri seluruh Kepala Desa dan Pj Kepala Desa se-Kecamatan Bengkalis, Pengurus Masjid/Mushola se-Kelurahan Kota Bengkalis, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Kota Bengkalis, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

0 Komentar