Panorama Situ Cilodong Depok, Destinasi Wisata yang Potensial

Depok, Growmedia-indo -

Destinasi wisata saat ini tersebar di seluruh penjuru nusantara. Bisa kita temukan dengan mendatangi langsung ke lokasi ataupun browsing di internet.


Salah satunya yaitu destinasi wisata yang berada di daerah Depok, Jawa Barat. Situ Cilodong yang berada di kelurahan Kalibaru Depok memiliki luas sekitar 5 hektare. Dengan kedalaman bervariasi sekitar 2 meter, Situ tersebut memang cukup landai terlihat dari warna air yang agak keruh. 


Tempat wisata yang terletak di pinggir Jalan Abdul Gani ini sebenarnya mudah dijangkau dari arah jalan Raya Bogor.


Adapun waktu terbaik untuk berkunjung ke Situ Cilodong ini adalah pagi dan sore hari. Situ Cilodong menyediakan trek bersepeda untuk mengelilingi danau. 


Pedagang makanan cukup banyak tersedia pilihan, juga arena tempat beribadah seperti Masjid tersedia dengan area parkir yang luas. Terdapat arena bermain untuk anak-anak seperti kereta api minimal, kolam balon dan lain-lain. Sekarang bertambah aneka kuliner kekinian yang menghuni di pinggir danau menghadap ke arah danau, serta perahu bebek yang tersedia untuk memanjakan pengunjung menikmati keindahan alam danau. 


Potensi kehidupan Situ Cilodong sebenarnya dapat terus ditingkatkan dengan menggandeng masyarakat lebih semangat dalam nilai ekonomi. Mengeksplorasi potensi masyarakat melalui kegiatan pembuatan cenderamata, kuliner khas setempat, menambah arena olahraga air lebih beragam diyakini menjadi nilai lebih Situ Cilodong agar dapat menjadi destinasi wisata favorit.


Seperti yang dikatakan Rizal, salah satu pengunjung yang datang bersama keluarga kecilnya saat istirahat di masjid. "Pemerintah Depok sudah terus  meningkatkan pemeliharaan Situ Cilodong ini pak," katanya. "Dan semoga kedepannya semakin ditingkatkan lagi," harapnya.


Situ Cilodong Depok ini merupakan salah satu aset yang harus dijaga kelestariannya sebagai resapan air dan perkembangan biota air tawar seperti ikan. Perlu penataan ruang publik dengan menambah ketinggian pagar untuk menghindari hal-hal yang membahayakan pengunjung saat berwisata, ditemukan juga pagar pinggir jalan yang sudah ambruk dan pecah berpotensi tergerus air, selebihnya hanya koordinasi antara dinas terkait untuk menjadi lebih menarik. 


(Nanang)

0 Komentar