Penilaian Ombudsman di Puskesmas Bies, Aceh Tengah

Aceh Tengah, Growmedia-indo -

Puskesmas adalah pelayanan pertama di bidang kesehatan, yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat menjadi salah satu penilaian Ombudsman, Rabu (03/07/2024).


Penilaian Ombudsman ini dalam rangka melihat dan mengukur sejauh mana kesetiaan pemerintah hadir dalam melayani masyarakatnya, untuk itu tim Ombudsman mendatangi Puskesmas Bies, Kecamatan Bies, Kabupaten Aceh Tengah untuk melihat standar pelanan publik di puskesmas.


Kegiatan ini bertujuan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan mal administrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan publik puskesmas.


Kegiatan dilakukan dengan cara mendatangi langsung unit layanan dan berinteraksi, dan wawancara dengan pegawai layanan di Puskesmas Bies serta wawancara dengan pasien. Selain itu, Ombudsman juga memberikan penilaian pada kondisi puskesmas unit pelayanan dan pegawai yang melayani.


Dengan indikator-indikator tertentu yang telah ditetapkan dan dapat dilihat secara fisik (tangibles) oleh masyarakat, diharapkan dengan penilaian ini muncul perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan terhadap mal administrasi melalui pemenuhan standar pelayanan, serta kualitas pengelola pengaduan.


Salah satu masyarakat Bies, Nur (34) menuturkan," kami sangat berterima kasih kepada Puskesmas Bies, terutama kepala Puskesmas Ibu dr. Gustina Fitri, M.K.M, dan seluruh stafnya, yang mana selama ini telah melayani kami berobat dengan baik, ramah, serta puskesmasnya bersih," ucap Nur.


Saat awak media melihat ke Puskesmas Bies, betul seperti yang diucapkan salah satu masyarakat Bies  ibu Nur, yang mana selama kepemimpinan dr. Gustina Fitri, M.K.M, Puskesmas Bies banyak perubahan dan tersedianya seperti bilik pengaduan (pos), tempat bermain anak, pojok asi, ruang konseling anak, pojok baca, pojok konsultasi, untuk ruang KIA/KB, tersedia USG.


Bahkan alat-alat laboratorium sudah memadai, pelayanan fisioterapi, dan hal yang terkecil seperti, air minum gratis, tempat charger hp, dan untuk pelayanan ada skala prioritas terutama lansia, ibu hamil, anak-anak dan penyandang disabilitas, parkiran petugas puskesmas, parkiran keluarga pasien, dan disabilitas, serta dilengkapi dengan cctv untuk keamanan, tempat mushola yang masih dalam proses.


(Alamsyah Siregar)

0 Komentar