PORKAB Garut 2024 : Cabor Road Race Ajang Seleksi untuk Porprov Jawa Barat 2026

                                       

Garut, growmedia-indo.com -

Menjelang berakhirnya Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Garut Tahun 2024, Cabang olahraga (Cabor) balap motor _road race_ baru dimulai. Pembukaan berlangsung di area kompleks Pemkab Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (27/7/2024). Acara tersebut dibuka oleh Ketua Pelaksana PORKAB Garut 2024 juga Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut, Subhan Romansyah.


Subhan mengapresiasi perjuangan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Garut dalam menyelenggarakan road race di arena Porkab Garut ke-5 ini, mengingat Garut belum memiliki venue khusus untuk balapan tersebut sehingga diperlukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak.


"Kita harus mengondisikan dengan semua orang, dan akhirnya semua bisa memberikan keluasaan untuk menyelenggarakan balap motor di Jalan Pembangunan ini. Itu luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada IMI Garut," ujarnya.


Subhan menjelaskan bahwa road race ini juga dijadikan sebagai ajang seleksi untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2026, dengan target meraih medali emas.


"KONI bekerjasama dengan IMI agar atlet-atlet kita tidak 'diculik' kabupaten lain menjelang Porprov. Kita sudah berkomitmen dengan Bu Hajah Desti (Ketua IMI Garut) untuk memastikan atlet-atlet unggulan kita bisa bertanding untuk Kabupaten Garut," lanjutnya.


Ketua Harian IMI Kabupaten Garut, Desti Nur Syafiyah, menyampaikan bahwa balap motor _road race_ ini diikuti oleh 22 kecamatan di Kabupaten Garut. Menurutnya, antusiasme otomotif di Garut sangat tinggi, sehingga acara ini menjadi kesempatan bagi para atlet untuk mengembangkan bakat dan potensinya.


"Mungkin kalau saat ini kita di sirkuit non permanen, PORKAB tahun selanjutnya mudah-mudahan kita sudah punya sirkuit masing-masing di Kabupaten Garut," ucapnya.


Meski Garut sudah memiliki venue _grasstrack_, tambah Desti, namun belum ada venue &road race_ yang sesuai standar. Ia berharap ke depannya Garut bisa memiliki sirkuit khusus _road race_ untuk menampung minat besar masyarakat terhadap balapan motor di Kabupaten Garut.


"Biar ada wadah buat teman-teman. Sekarang banyak knalpot brong, aksi-aksi balap liar, jadi itu semua bisa diwadahi di sirkuit. Penggemar otomotif di Kabupaten Garut memang sangat banyak dibandingkan kabupaten lain," lanjutnya.


Terakhir, ia menerangkan bahwa kategori peserta road race dalam PORKAB ini meliputi Kelas Bebek 4 Tak 150CC perorangan (Usia di bawah 20 tahun) dan Kelas Bebek 4 Tak 150CC Perorangan (diatas usia 15 Tahun - di bawah usia 25 Tahun), dengan total 44 peserta dari 22 kecamatan.


(Om Danur)

0 Komentar