Sedekah Bumi Kelurahan Margadana, Wujud Syukur Kepada Sang Pencipta

Tegal, growmedia-indo.com — 

Masyarakat Kelurahan Margadana Kota Tegal, terkenal memiliki khazanah budaya yang diwujudkan dengan berbagai tradisi warisan nenek moyang. Salah satu tradisi warisan leluhur yang hingga kini masih dipertahankan adalah Loka Bumi atau biasa disebut Sedekah Bumi yang dilakukan masyarakat Margadana, dan seperti biasa dari tahun ke tahun acara Sedekah Bumi ini diadakan di Simpang Empat Jagadipa, karena menurut masyarakat disitulah tempat yg sangat sakral. Acara Sedekah bumi di Kelurahan Margadana, biasa dilaksanakan setiap bulan Muharam atau Sura.


Acara Kegiatan Sedekah Bumi kali ini dilaksanakan Sabtu (13/07/2024). dihadiri Slamet Sugiarto, A M.d Kepala Lurah Kelurahan Margadana didampingi Sekertaris Lurah Sudarmo SE, Anggota Dewan terpilih dari Partai Gerindra Mohammad Tarso Supriadin Amd. Ak dan juga tokoh masyarakat setempat. 



Kegiatan Sedekah Bumi dimeriahkan dengan Pagelaran Wayang Golek dalang Ki Naryo Carito. 


Ketua Panitia, Joko Mp ketika ditemui awak media menjelaskan, "semenjak saya belum lahir, acara sedekah bumi sudah ada, maka saya sebagai anak cucu berusaha melestarikan budaya ini meskipun ada sebagian masyarakat yang menentang. Kegiatan ini terselenggara dari gotong royong masyarakat, dan para donatur. Harapan saya kedepannya, untuk generasi penerus masih bisa melestarikan kegiatan seperti ini, saya tidak ingin kegiatan Sedekah bumi ini hilang," ungkapnya. 


Anggota dewan terpilih, Mohammad Tarso Supriadin Amd. Ak juga menambahkan, "saya sebagai anak bangsa juga berharap kegiatan seperti ini masih terus berjalan untuk kelestarian budaya, ujarnya.


Acara kegiatan Ruwat bumi diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin Sudarmo, SE dan rebut tumpeng oleh masyarakat sekitar untuk selalu mendapatkan keberkahan. 


(Supriyadi)

0 Komentar