Telah Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Aceh Tengah

Aceh Tengah, growmedia-indo.com -

Senin, 22 Juli 2024 sekitar pukul 19.00 WIB, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di kampung Desa Gunung Suku, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (24/07/2024).


Dari kejadian kebakaran hutan tersebut, api diduga dari tengah hutan dan sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan telah menghanguskan puluhan hektar hutan pinus serta perkebunan warga.


Menurut informasi dari salah satu masyarakat Desa Gunung Suku, sebut saja namanya Budi (nama samaran), sumber api berasal dari tengah bukit/hutan yang terjadi pada pukul 19.00 WIB malam Selasa.


"Saya keluar dari rumah jam 19.00 WIB dan sudah melihat api di atas bukit itu, kami tidak tau siapa yang membakar hutan itu," ucap Budi.

Proses pemadaman api hingga saat masih dilakukan oleh tim dari Damkar Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang menurunkan satu unit mobil Damkar, beberapa anggota kepolisian dari Polsek Lut Tawar, Babinsa, dan dibantu masyarakat Gunung Suku. Hingga saat ini api belum bisa dipadamkan yang sudah memasuki hari ketiga.


Saat awak media turun di TKP, melihat api yang sangat membesar dan kerasnya angin yang membuat api semakin besar serta kebun yang berbatu besar dan menyulitkan pihak pemadam untuk memadamkan api. Hingga saat ini, api sudah berjarak sekitar 15 meter dari pemukiman penduduk.


Hutan/lahan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai ratusan hektar, bahkan api sudah membakar kebun serai wangi salah satu kebun warga tersebut.


Di tengah hutan tersebut, terdapat ribuan pohon pinus yang sedang di deres/sadap oleh warga luar yang bekerja sebagai penderes/sadap getah pinus.


Hingga saat ini, pihak kepolisian dari Polsek Lut Tawar masih menyelidiki penyebab dari kebakaran hutan/lahan tersebut.


(Alamsyah Siregar)

0 Komentar