Aliansi Gema Nisut Laksanakan Demonstrasi, Tuntut PLN UP3 Nias Tentang Pemindahan PLTG 25MW

Gunungsitoli, growmedia-indo.com -

Pemadaman listrik yang tidak teratur dalam sehari membuat resah masyarakat Nias Utara. Kondisi tersebut melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat menjadi lumpuh, mulai dari pelayanan publik dan aktivitas ekonomi yang tidak optimal hingga barang – barang elektronik menjadi rusak akibat hal tersebut.


Hal tersebut menggerakkan hati berbagai elemen masyarakat Nias Utara yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Masyarakat Nias Utara (Gema – Nisut) menggelar aksi demonstrasi dimulai dengan berorasi di Lapangan Tribun Nias Utara sampai berhenti di depan Kantor PLN UP3 Nias. Rabu, (7/8/2024).


Dalam orasinya, Febeanus Zalukhu selalu Koordinator Aksi menyampaikan bahwa pemadaman listrik yang terjadi di Nias Utara akhir – akhir ini tidak teratur. Beliau menuturkan bahwa dalam satu hari terdapat 2-3 kali pemadaman terjadi. Hal tersebut mengakibatkan berbagai sendi perekonomian masyarakat terganggu, mulai dari barang – barang elektronik rusak, UMKM terganggu sampai pelayanan publik pun terganggu hal demikian.


Selanjutnya, Manajer PLN UP3 Nias Revi Ardian dalam tanggapannya kepada peserta aksi menyampaikan bahwa pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat Nias Utara akibat pemadaman listrik yang berkepanjangan. Ia meneruskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan keandalan listrik melalui pengurangan tingkat pemadaman listrik yang teratur. Kemudian pihaknya meminta kerjasama yang baik dari masyarakat Nias Utara didalam kelancaran perbaikan aliran listrik.


Kegiatan diakhiri dengan pembacaan tuntutan aksi dari pimpinan aksi serta dilanjutkan dengan penyerahan surat tuntutan aksi kepada pihak PLN UP3 Nias. 


(Deni Zega)

0 Komentar