Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto Dampingi Presiden RI Jokowi Meresmikan Bendungan Leuwikeris Kabupaten Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto dampingi Presiden Ri Joko Widodo saat peresmian Bendungan Leuwikeris Cineam Kabupaten Tasikmalaya.Kamis,29 Agustus 2024/Dok.Growmedia-indo.com


Kabupaten Tasikmalaya.Growmedia-indo.com - Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto mendampingi kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko widodo ke Kabupaten Tasikmalaya, di Bendungan Leuwikeris Kab. Tasikmalaya, Kamis (29/8/2024).


Kunjungan kerja Presiden Jokowi dalam rangka peresmian bendungan Leuwikeris di Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.


Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya air sebagai sumber kehidupan,

"Tanpa air tidak ada kehidupan, tanpa air tidak ada makanan. Oleh sebab itu, air harus dikelola dengan baik karena setiap tetesnya itu sangat-sangat berharga,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi di dampingi Bupati Tasikmalaya dan Para pejabat Lainnya saat meresmikan Bendungan Leuwikeris Cineam Kabupaten Tasikmalaya.Kamis,29 Agustus 2024/Dok.Growmedia-indo.com

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Bendungan Leuwikeris, yang mulai dibangun pada tahun 2016, memiliki luas genangan sebesar 243 hektar dan daya tampung hingga 81 juta meter kubik air. Proyek ini adalah bendungan ke-44 yang diresmikan oleh Presiden Jokowi, dan menjadi yang terbesar dalam hal anggaran.

“Ini adalah bendungan yang menelan biaya paling besar. Rp3,5 triliun, biasanya Rp800 miliar, Rp1 triliun, atau Rp1,5 triliun. Ini sekali lagi Rp3,5 triliun,” ucap Presiden Jokowi

Selain meresmikan Bendungan Leuwikeris, Presiden Jokowi turut meresmikan modernisasi dan rehabilitasi Daerah Irigasi Manganti. Proyek tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Jawa Barat dengan memastikan pasokan air yang stabil bagi lahan-lahan pertanian.

“Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Bendungan Leuwikeris serta modernisasi dan rehabilitasi Daerah Irigasi Manganti di Provinsi Jawa Barat,” tutup Presiden Jokowi.

Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto di dampingi Istri Hj.Ai Diantani Sugianto Dan Para Pejabat Saat Menghadiri Acara Peresmian Bendungan Leuwikeris Cineam Kabupaten Tasikmalaya.Kamis,29 Agustus 2024/Dok.Growmedia-indo.com

Sementara itu Bupati Ade menyampaikan, bendungan leuwikeris akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. "Dampak manfaat kepada para petani kita yang ada di Ciamis, Banjar, Pangandaran. Bagi Kabupaten Tasikmalaya sendiri mudah-mudahan dapat bermanfaat dari sisi sosial, ekonomi, karena ini dapat menjadi destinasi wisata. Kami akan memanfaatkan ini sebaik mungkin yang dapat dimanfaatkan." ungkap Bupati Ade.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna, Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia, Direktur Operasional PT PP (Persero) Yul Ari Pramoraharjo, Direktur Utama PT Waskita Karya Muhammad Hanugroho, Sekda Kab. Tasikmalaya,  Forkopimda Kab. Tasikmalaya, Ketua TP PKK Kab.Tasikmalaya dan tamu undangan lainnya.


(***)

0 Komentar