Detik-detik Proklamasi, Dandim 0117/Aceh Tamiang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan Ke-79 RI

Aceh Tamiang, growmedia-indo.com -

Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Andi Ariyanto, S.I.P, M.I.P., bersama Forkopimda Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke -79 dan pengibaran sang merah putih yang dipimpin langsung oleh PJ Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra, bertempat di lapangan belakang kantor Bupati Aceh Tamiang Jln. Ir. H. Juanda Desa Bundar, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang. Sabtu (17/08/2024).


PJ. Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra bertindak selaku Inspektur upacara tampak gagah memimpin upacara. Selanjutnya Perwira Upacara oleh Kapten Inf Matno Es dan komandan upacara oleh Letda Inf. Jahardi.


Suara sirine panjang mengiringi peringatan detik-detik proklamasi yang merupakan bagian pokok acara. Teks Proklamasi langsung dibacakan oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang Supriyanto dan dilanjutkan dengan hening cipta serta doa.


Selanjutnya, pada acara puncak yang ditunggu-tunggu dan menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia yaitu Pengibaran Sang Merah Putih yang dibawakan oleh putra putri terbaik Aceh Tamiang yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) serta pasukan upacara dari unsur TNI dan Polri.


Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf. Andi Ariyanto, S.I.P, M.I.P., mengatakan peringatan HUT RI ke 79 ini adalah momentum untuk menambah semangat juang bagi kita penerus bangsa dengan Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, saat di konfirmasi sesuai upacara HUT RI ke-79.


Lebih lanjut Letkol Inf. Andi Ariyanto, S.I.P, M.I.P., mengatakan "peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI adalah bentuk perjuangan para pejuang bangsa dan negara Indonesia dari penjajahan dan menjadi kewajiban kita menjaga kemerdekaan itu dengan semangat juang tinggi membangun kemajuan, keutuhan dan kerukunan bangsa dalam toleransi kebhinekaan," lanjutnya.


"Sebagai generasi penerus bangsa, mari kita bersama-sama menunjukkan wujud memberikan penghormatan serta penghargaan yang paling mulia untuk mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkan cita-cita Para Pejuang untuk mengisi kemerdekaan ini," pungkasnya.


(Irwansyah)


0 Komentar