Guyup Rukun Warga Desa Kademangaran Sambut HUT Kemerdekaan, Bentangkan Bendera sepanjang 400 Meter

Tegal, growmedia-indo.com -

Semarak menyambut HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) disambut dengan berbagai kemeriahan hingga ke pelosok desa salah satunya di Desa Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 


Warga masyarakat Desa Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal ini membentangkan bendera raksasa merah putih dengan panjang 400 meter dan lebar 3 meter di sepanjang jalan Kiai Kurtubi desa setempat.


Kepala Desa Kademangaran Fery Mi'rojul Munir, ST saat ditemui di lokasi pemasangan bendera merah putih, Kamis (1/8/2024) mengatakan gagasan pemasangan bendera merah putih tersebut bermula dari inspirasi sekelompok pemuda lincak yang berbasecamp di Rt 01 Rw 02 Desa Kademangaran, untuk menyemarakkan HUT ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024.


"Alhamdulilah sudah terlaksanakan dari tahun 2023 dengan membentang bendera merah putih panjang 138 meter lebar 3 meter dan di tahun ini 2024 pemasangan bendera merah putih jauh lebih panjang dengan ukuran kurang lebih 400 meter lebar 3 meter," ungkapnya.


Dirinya menginginkan manfaat dari pemasangan bendera ini supaya bisa guyup rukun menyatukan persaudaraan dari teman-teman kru lincak, pemuda - pemuda lincak sama Karang Taruna Tunas Jaya juga partisipasi dari warga sekitar yang mungkin di sini amat sangat dibutuhkan gotong royong yang mungkin sudah agak sedikit supaya bisa dibangkitkan kembali, ungkap Fery.


"Insya Allah di Desa Kademangaran di HUT yang ke 79 ini yang jelas mulai tanggal 1 bendera sudah terpasang, lomba - lomba, bazar UMKM dari tanggal 18-21 Agustus dan tanggal 25 Agustus ada kegiatan jalan sehat," imbuh Fery.


Sementara itu salah satu perwakilan panitia Pemasangan Bendera Merah Putih ini Muhammad Naelul Urof menyampaikan adanya pemasangan bendera merah putih yang terbentang sepanjang 400 meter berawal dari pemuda lincak yang notabenya biasa berkumpul-kumpul untuk ngopi, dari situlah muncul ide untuk memperingati HUT RI yang ke 79 supaya menimbulkan kesan positif di warga dan akhirnya muncul ide untuk membuat bendera merah putih sepanjang jalan Kyai Kurdi.


Proses perencanaan pemasangan bendera merah putih ini memakan waktu 6 bulan mulai dari bulan Januari, disitulah proses awal menjahit serta sekaligus sedikit-dikit pengumpulan dana dari warga hingga sampai terbentuknya bendera merah putih ini dengan panjang 400 meter dan lebar 3 meter.


Untuk lokasi pemasangan bendera tersebut tepatnya berada di jalan KH. Kurtubi Rt 2 Rw 02, Rt 3 Rw 02,  Rt 4 Rw 02, Rt 5 Rw 01, dipayungi bendera merah putih pada bagian atasnya. 


"Pemasangan bendera raksasa tersebut dilakukan pada Rabu, 31 Juli 2024 malam dan sebelum dipasang, ratusan warga melakukan seremonial layaknya prosesi upacara bendera pada umumnya," ungkap Naelul.


Anggaran pembuatan dan pemasangan bendera Merah Putih tersebut mencapai 25 juta, dan anggaran tersebut berasal dari Pemuda Lincak dan murni dari swadaya masyarakat sekitar.


Dirinya berharap untuk kedepannya supaya bisa lebih meriah lagi, nantinya bisa di beri hiasan di bentangan bendera dengan lampu-lampu lampion maupun hiasan lainnya atau mengadakan acara-acara yang bermanfaat lagi intinya supaya warga Desa Kademangaran senantiasa dalam menyambut HUT RI ini semakin semangat, imbuh Naelul.


(Supriyadi)

0 Komentar