Kabar Gembira Bagi Tenaga Pendidik, Bupati Pasaman Sabar AS Segera Tingkatkatkan Kesejahteran Guru

Pasaman, growmedia-indo.com -

Tujuan dan manfaat dari literasi di sekolah adalah untuk membantu berpikir kritis untuk membantu dalam mengambil keputusan. Membuat otak bekerja lebih optimal. Mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dari bacaan. Mengasah kemampuan menulis dan merangkai kata dengan lebih baik. 


Untuk itulah Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, guna meningkatkan kualitas renaga pendidik maupun kepala sekolah melaksanakan kegiatan literasi dan numerasi.  


Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman menjelaskan Pelaksanaan Peningkatan Literasi dan Numerasi bagi kepala sekolah dan guru SD se-Kabupaten Pasaman dilaksanakan untuk angkatan pertama peserta sebanyak 249 guru SD dilaksanakan dari tanggal 19 s/d 21 Agustus 2024.


Sementara itu untuk angkatan kedua peserta sebanyak 249 kepala sekolah SD dilaksanakan dari tanggal 21 sd 23 Agustus 2024 bertempat di Hotel Rocky Bukittinggi.


Sementara itu Bupati Pasaman Sabar saat membuka kegiatan tersebut melalui Video Zoom mengatakan, kepada badan pengelola kenaikan pangkat di dinas Pendidikan dan BKPSDM kiranya dapat mempermudah kenaikan pangkat bagi tenaga guru dan kepala sekolah dengan tepat waktu. Hal ini merupakan salah satu wahana untuk memberikan kenyamanan terhadap tenaga pendidik untuk proses belajar mengajar.


Sabar AS dalam melaksanakan program Pasaman Cerdas berupaya untuk memperbanyak TK negeri, dengan harapan tenaga guru tersebut bisa diangkat menjadi Tenaga P3K, termasuk TK yang ada di nagari akan diangkat statusnya menjadi TK negeri.


Selain itu, kebutuhan tenaga guru terutama yang berada di kejorongan dan terpencil, saat ini juga telah bisa dipenuhi, termasuk peningakatan fasilitas sekolah, dan dengan adanya program pendidikan gratis tentu akan sangat membantu para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya. Dan tidak hanya itu, "kita juga akan bangun sekolah baru ditengah perkampungan masyarakat, dan kepada siswa juga diberikan beasiswa, termasuk untuk mengatasi putus sekolah kita perbanyak PKBM, sekaligus memberikan tambahan kesejahteraan guru dengan penambahan kenaikan TPP para guru," ungkap Sabar.


Demikian kata Sabar, "juga halnya dengan peningkatan pelayanan terhadap para guru, kita juga sudah mengusulkan pembangunan gedung baru Dinas Pendidikan yang layak," jelasnya.  


"Perlu diketahui, litrrasi dan numerasi kita saat ini sudah sebaris berada ditingkat tertinggi dengan kabupaten kota lainnya, yang mana sebelumya Pasaman berada pada tingkat 18 dan 19. Hal ini merupakan berkat kerja keras kita semua," terang Sabar.


Diakhir sambutannya, Sabar AS menitip salam terhadap peserta literasi dan numerasi, dalam hal ini,  kesuksesan yang dicapai harus dapat dinikmati secara berkesinambungan tidak hanya satu tahun saja,  dan kita juga berharap, apa yang sudah baik kita pertahankan dan yang belum kita benahi," tutup Sabar AS.  


(Imran Joni)

0 Komentar