Kegiatan Kibar Sang Saka di Puncak Maras : Bhineka Mewujudkan Cita

                                       

Pangkalpinang, growmedia-indo.com -

Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Kabupaten Bangka bersama BKSDA SUMSEL, Resor Konservasi Wilayah Bangka, serta Pengelola Taman Nasional Gunung Maras menggelar Kegiatan 'Kibar Sang Saka di Puncak Maras : Bhineka Mewujudkan Cita', Sabtu (17/8/2024).


Kegiatan ini merupakan program kerja Pepelingasih dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.


Dalam kegiatan ini dihadiri perwakilan BKSDA Sumsel, perangkat desa, pemuda setempat komunitas dan organisasi pecinta alam yang kurang lebih diikuti 300 peserta.


Yang dimulai titik kumpul pada hari Jumat, 16 Agustus 2024 sebelum mendaki kepuncak Maras. Peserta yang mengikuti kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Maras camping bersama dan melakukan beberapa aktivitas seperti sharing session mengenai lingkungan dan alam.


Ketua pelaksana kegiatan Vicky Hendriawan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan perwakilan BKSDA Sumsel, perangkat desa, pemuda setempat komunitas dan organisasi pecinta alam yang berkenan hadir dan mensukseskan Kegiatan Upacara Pengibaran Merah Putih dan Aksi Cleanup di Puncak Maras.


“Ini bentuk keprihatian kami sebagai komunitas pemuda peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih) Kabupaten Bangka terhadap lingkungan. Kami berharap banyak generasi muda ikut peduli terhadap lingkungan ke depannya. Dan semoga kegiatan ini terus berlanjut karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Maka dari itu mari bersama-sama bergerak melakukan aksi nyata berupa peduli akan kebersihan dan kelestarian alam lingkungan sekitar kita. Selain itu juga, "Melalui kegiatan 'Kibar Sang Saka di Puncak Maras: Bhineka Mewujudkan Cita', kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam, memupuk semangat kebhinekaan, memperkuat rasa kebangsaan, solidaritas diantara warga negara, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kemerdekaan dalam mengajak masyarakat terutama pemuda pemudi penerus bangsa untuk berkomitmen bersama dalam menjaga keindahan kebersihan lingkungan, serta tak lupa pula mengingatkan akan kemerdekaan negara Republik Indonesia yang ke 79 Tahun. Kegiatan ini juga menjadi wadah edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya kelestarian alam bagi generasi mendatang untuk Nusantara Baru Indonesia Maju." Salam Lestari. ” papar Vicky Hendriawan sebagai Ketua Pelaksana.


Selanjutnya sambutan dari Kepala Seksi Konservasi Wilayah III, "Hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dengan tema secara nasional adalah 'Nusantara Baru Indonesia Maju' tema ini mengandung 3 hal yang pertama dilancarkan ibukota baru, Ibukota Nusantara. Yang kedua ditandai dengan akan bergantinya masa kepemimpinan presiden dan yang ketiga adalah semangat untuk Indonesia Emas 2024, maka dari itu mari kita sebagai warga negara Indonesia mensukseskan program dari pemerintah. Kemudian daripada itu, pada momen ini pengibaran bendera merah putih sebagai generasi muda penerus bangsa kita tidak hanya bekerja akan tetapi juga mampu menciptakan karya, terutama mengenai alam, kita harus peduli dan cinta kepada alam sekitar kita dengan sebuah aksi nyata tentunya." Ungkapan ini disampaikan oleh Bapak Sugito, S.Hut.M.Sc selaku Kepala Seksi Konservasi Wilayah III.


Acara kemudian ditutup dengan Pengibaran Bendera Merah Putih selanjutnya aksi bersih-bersih sampah plastik (cleanup) yang menghasilkan kurang lebih 50 kg sampah plastik yang terkumpul dari kegiatan aksi cleaup di daerah Puncak Maras.


(Eqi)

0 Komentar