KPUD Kabupaten Toba Terima Berkas Dalam 2 Paslon Pilkada 2024


Toba, growmedia-indo.com-

Di hari kedua, KPUD Kabupaten Toba resmi menerima berkas dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada hari kedua pendaftaran di Kantor KPU di Jl. Tarutung KM. 2 Soposurung Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Rabu (28/8/2024).


Kedua Paslon tersebut yakni Robinson Sitorus SH-Tonny Simanjuntak SE dan Effendi Napitupulu-Audi Murphy Sitorus.


Robinson Sitorus dan Tonny Simanjuntak merupakan Paslon yang pertama tiba di Kantor KPUD Kabupaten Toba.


Ketua KPU Kabupaten Toba Sugar Fernando Sibarani saat diwawancarai awak media di Ruangan Media Center KPU mengatakan dari proses yang kita lakukan, mulai dari penerimaan Paslon pertama dan kedua itu dengan mengeluarkan bukti tanda terima penerimaan berkas berarti terkait persyaratan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati itu sudah lengkap.


Ia juga menjelaskan untuk persiapan pemeriksaan kesehatan kepada para Paslon ini bahwa kita sudah melakukan komunikasi dengan pihak rumah sakit di Adam Malik Medan


"Paslon Robinson Sitorus dan Tonny Simanjuntak SE akan melakukan pemeriksaan kesehatan (Rikes) di tanggal 30 Agustus 2024 dan Paslon Effendi Napitupulu dan Audi Murphy Sitorus pemeriksaan kesehatan di tanggal 31 Agustus 2024," ucap Sugar.


Selanjutnya, ia juga menyoal progres pemutakhiran data pemilih. Setelah penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), pihaknya juga telah membuat posko bagi masyarakat. Selain itu, badan adhoc juga diminta berkoordinasi dengan pemerintah setempat soal data pemilih tersebut.


“Untuk proses tanggapan masyarakat itu sudah selesai hingga tanggal 27 kemarin. Selain ada tanggapan itu, kita juga mengarahkan badan Adhoc kita untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” sambungnya.


“Yang pasti, prinsipnya kita jemput bola. Koordinasi yang dimaksud berjenjang,” sambungnya.


Soal teknis penginputan dokumen paslon ke sistem informasi pencalonan (silon), ia meminta tim penghubung mestinya berkoordinasi dengan pihaknya agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan baik.


"Itu kendala teknis sudah kita sampaikan. Seharusnya, sebelum pendaftaran, LO atau tim peghubung itu berkoordinasi dengan kita sehingga saat proses pendaftaran tidak ada lagi kendala. Apalagi terkait silonnya,” ujarnya


Esok hari, Kamis (29/8/2024), satu paslon lagi direncanakan untuk mendaftar ke KPUD Toba.


“Esok hari direncanakan adalah paslon Poltak Sitorus – Anugerah Puriam Naiborhu. Itu ada pemberitahuan secara resmi kepada kita,” pungkasnya. 


(Agus)

0 Komentar