Panen Raya di Lahan Opla Bersama Wamentan RI, Danrem 044/Gapo : Opla untuk Swasembada Pangan

Muara Enim, growmedi-indo.com – 

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M menghadiri Panen di Lahan Program Opla di Desa Arisan Musi Timur Kec. Belida Kab. Muara Enim, Kamis (22/8/2024).


Peningkatan produktifitas pertanian dan ketersediaan pangan yang cukup dalam rangka mewujudkan swasembada pangan, Korem 044/Gapo dan Kodim jajarannya mendukung berbagai upaya yang telah dilakukan dan diprogramkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


Melalui rilisnya, Kapenrem 044/Gapo Mayor Inf Jauhari membeberkan, Danrem 044/Gapo hadir pada acara panen di Desa Arisan Musi Timur yang dibuka oleh Wakil Menteri Pertanian RI Sudaryono, B.Eng., M.M., MBA.


“Panen ini adalah wujud nyata, dukungan Korem 044/Gapo sebagai satuan jajaran Kodam II/Swj yang terus menjaga komitmennya untuk bersinergi dan mendukung Program-Program Pemerintah, yang dicanangkan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional di Wilayah Sumbagsel,” kata Kapen.


“Dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Prov. Sumsel bersama Kementan RI melakukan pendampingan distribusi pupuk, program cetak sawah, program serapan gabah bulog, program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan, pendampingan kepada petani dalam program Pajale dan program Opla dan Pompanisasi,” lanjutnya.


“Wamentan RI Sudaryono, menegaskan pentingnya percepatan Program Perluasan Areal Tanam (PAT), optimasi lahan rawa (Opla), dan pompanisasi untuk mengantisipasi dampak kemarau dan peran penting TNI dalam mendukung program pemerintah di daerah,” ungkapnya.


Kepala Desa Arisan Musi Timur, Bapak Imran Hadi menyampaikan ungkapan terima kasih atas telah terlaksananya kegiatan panen padi dan tebar benih di desanya.


“Sebagai pemerintah desa dan juga mewakili masyarakat desa, dapat kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Wamentan RI, Pangdam II/Sriwijaya, Komandan Korem 044/Garuda Dempo, Komandan Kodim 0404/Muara Enim, Pj Bupati Muara Enim sehingga desa Arisan Musi Timur menjadi daerah pelaksanaan dalam pengembangan kemajuan lahan persawahan dan pertanian,” ungkap Kades Imran Hadi.


Ini adalah bukti nyata dari kerja keras, dedikasi dan kerjasama yang luar biasa dari semua pihak, mulai dari Kementan RI, Pemprov, Pemda Muara Enim, jajaran Kodam II/Swj dalam hal ini Korem 044/Gapo, sampai dengan perangkap dilapangan, Babinsa dan anggota kelompok tani.


“Danrem 044/Gapo berharap, semoga kegiatan panen di lahan Opla ini menjadi berkah bagi kita semua dalam mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim sehingga tercapai ketahanan pangan nasional.” tutupnya.


(imron)

0 Komentar