Pj. Wali Kota Tegal Terima Duplikat Bendera Pusaka, Dikibarkan Saat Upacara HUT ke-79 RI

Tegal, growmedia-indo.com – 

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri menerima Duplikat Bendera Pusaka yang nanti akan dikibarkan pada saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia tingkat Kota Tegal pada tanggal 17 Agustus 2024. 


Duplikat Bendera Pusaka diserahkan langsung dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tegal, Budi Saptaji di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (6/8/2024) yang selanjutnya Duplikat Bendera Pusaka tersebut diserahkan kepada Pj. Wali Kota Tegal yang berlangsung di Peringgitan, Rumah Dinas Wali Kota Tegal, Rabu (7/8/2024) pagi.


Dengan diterimanya Duplikat Bendera Pusaka, Dadang berharap dapat menggugah semangat masyarakat Kota Tegal dan seluruh Indonesia untuk lebih giat lagi dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia.


“Kita harus mengenang dan meneruskan jasa-jasa para pahlawan apa yang sudah dilakukan dengan mengisi kemerdekaan ini dengan karya-karya terbaik,” ujar Dadang.


Dalam kesempatan tersebut, Dadang juga menyampaikan bahwa duplikat bendera pusaka ini untuk pertama kalinya diserahakan kepada Pemerintah Daerah, sehingga Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tegal yang sudah sekian lama berlatih akan merasakan sesuatu yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.


Dadang mengatakan bahwa duplikat bendera pusaka yang diterima, dibuat sedemikian rupa sehingga antara warna putih dan merah ini sudah tidak terlihat ada jahitan.


“Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat, menjadi sejarah memori terbaik bagi para paskibraka di kota tegal, tidak semua orang memiliki kesempatan ini dan mudah-mudahan bendera ini bisa terawat dengan baik karena akan disimpan di ruang wali kota dan hanya dikibarkan setahun sekali pada tanggal 17 agustus,” ujar Dadang.



Sementara itu Kepala Bakesbangpol Kota Tegal, Budi Saptaji dalam kesempatan yang sama mengatakan, Duplikat Bendera Pusaka merah putih ini sekaligus sebagai alat pemersatu dan simbol negara yang harus selalu kita jaga, jadi apapun yang akan kita raih kedepan  tentunya ini adalah sebuah harapan besar khususnya bagi kota tegal untuk menuju Indonesia Emas 2045.


“Kita ingin anak-anak muda terus memiliki peluang, memiliki semagat memajukan Kota Tegal dan anak-anak Paskibraka ini harus menjadi inspirator dan teladan bagi anak-anak muda yang lain di Kota Tegal,” ujar Budi Saptaji.


Sementara itu Diva, salah satu perwakilan Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tegal, dari SMA 1 Kota Tegal yang juga turut membawa Duplikat Bendera Pusaka saat penyerahan kepada Pj Wali Kota Tegal, berharap pada tanggal 17 agustus mendatang dapat mengibarkan duplikat bendera pusaka dengan baik, lancar dan segalanya perfik.


(Supriyadi)

0 Komentar