Progres Pembangunan SDN 078445 Umbu Bitaha dari DAK Sentuh 30 Persen

Nias Selatan, growmedia-indo.com -

Sekolah Dasar Negeri (SDN) mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2024. Saat ini, progres pembangunannya telah menyentuh 30 persen.


Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan SD Negeri 078445 Umbu Idanotae, Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan mendapat alokasi DAK fisik 2024 sebesar Rp.3.044,557,969,34 (Tiga Miliar Empat Puluh Empat Juta Lima Ratus Lima Puluh Tujuh Ribu Sembilan Ratus Enam Puluh Sembilan Rupiah dan Tiga Empat Sen), Senin (05/08/2024).


Senilai Rp.3.044,557,969,34 untuk rehabilitasi (rehab) dan pembangunan sarana dan prasarana (sarpras). Meliputi 10 ruang kelas, kamar mandi/wc, perpustakaan, laboratorium, rumah dinas.


"Progres pembangunan sekitar 30 persen," Kata Wakil Direktur  Yasozatulo Telaumbanua, S.Pd CV. Dellan Nianty Nias kepada growmedia-indo.com.


Pengerjaan sarpras tersebut telah dilaksanakan sejak 23 Juli 2024. Pantauan di lokasi, saat ini progres pembangunan 10 ruang kelas sudah pada tahap setengah jadi. Terlihat sebagian ruangan telah terpasang tiang dan batako. Sebagian lagi masih proses pemasangan balokslof.


Yasozatulo mengatakan, rehab sejumlah bangunan ini ditargetkan rampung pada akhir September 2024 mendatang. Pihaknya optimis pengerjaanya akan rampung tepat waktu.


"Ruangan kelas ini diperuntukkan kelas 1-6 dan ruang guru, perpustakaan, laboratorium. Dijadwalkan akhir September ini selesai. Untuk sementara waktu anak-anak atau siswa pindah dulu ke ruangan lain. Mudah-mudahan bisa selesai sesuai target yang ditentukan, sehingga diharapkan terbangun gedung sekolah yang representatif untuk siswa-siswi maupun guru," ungkapnya.


"Ditempat yang sama Tokoh Pemuda Alex Bawamenewi menyampaikan rasa berterimakasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Ia menambahkan, rehab ruang kelas ini merupakan yang pertama kalinya sejak bangunan sekolah beridiri. Sebelum direhab, kondisi atap sudah rapuh. Sehingga, siswa dan guru khawatir akan memicu ambruknya atap kelas." Tutupnya.


MarTaf

0 Komentar