Bawaslu Buru Lakukan Pengawasan Pemeriksaan Kesehatan Calkada di RSUP Dr Leimena Ambon

Ambon Maluku, growmedia-indo.com -

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buru melakukan pengawasan langsung pemeriksaan kesehatan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Buru periode 2024-2029 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. J. Leimena, Ambon, Minggu, (1/9/2024).


Ketua Bawaslu, Fatih Haris Thalib didampingi komisioner Taufik Fanolong dan Epsus Kliong Tomhisa, menjelaskan, pengawasan tes kesehatan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk memastikan tahapannya berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.


Ketua tim pemeriksa, dr. M. Saleh Tualeka mengatakan tim kesehatan yang diterjunkan RSUP dr. J. Leimena sebanyak 27 dokter, masing-masing dokter spesialis 23 orang, dokter umum 3 orang, dokter gigi 1 orang.


Selain itu juga terdapat 33 orang tim pendukung fasilitas dan tim medis yang kompoten untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.


"Dijelaskan, pemeriksaan kesehatan dimulai jam 07.00 WIT dari tes urine, laboratorium, radiologi, saraf, THT, mata, jantung, patologi, gigi, kemudian assemen narkoba, pemeriksaan darah, pemeriksaan jiwa dan psikologi klinis.


Tualeka memastikan tim medis yang ditugaskan untuk tes kesehatan Calkada memiliki independensi dan profesionalisme, serta tidak ada kepentingan untuk meloloskan atau menjegal calon kepala daerah tertentu."



(Wider Nurlatu)

0 Komentar