Ponpes Bahrul Ulum Sungailiat Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Santri 2024

 


Bangka, growmedia-indo,com-

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Centre Sungailiat Bangka mengadakan upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 pada Hari Kamis, (22/10/24) di lapangan upacara Yayasan Bahrul Ulum Sungailiat. Peringatan Hari Santri Nasional ini sudah menjadi kegiatan rutin yang diagendakan oleh Yayasan Bahrul Ulum sejak Tahun 2018 yang lalu artinya sudah melakukan setiap tahunnya berturut turut.

Acara ini dihadiri oleh seluruh santri dan santriwati pondok pesantren ,Dewan Pembina Yayasan Bahrul Ulum,Dewan Guru, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forkompinda, perwakilan Kapolres Bangka serta berbagai undangan lainnya,

Sebagai inspektur upacara AKP Waliyuddin
Kabag SDM Polres Bangka AKP
Waliyudin menyampaikan amanat tertulis dari menteri agama.

Di masa sekarang, Waliyudin melanjutkan, perjuangannya bukan lagi berbentuk fisik.

Lawannya adalah kebodohan.
Maka senjatanya adalah pendidikan.
Bukan bambu runcing. "Santri harus angkat pena.

Belajar dengan sungguh-sungguh untuk masa depan lebih baik," ucapnya.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) juga mutlak dikuasai santri. Sebab di masa sekarang Iptek sudah menjadi kebutuhan.

Dengan begitu santri pun bisa menjadi apa saja.
Santri misalnya dicontohkannya bisa menjadi presiden.
"Sejarah mencatat, Indonesia punya presiden berlatarbelakang presiden.
Yakni KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur," tuturnya. Wapres periode 2019-2024, yakni KH Ma'ruf Amin juga berlatarbelakang santri. 
Dengan man jadda wa jadda (siapa yang bersungguh-sungguh dia akan dapat,"imbuhnya.

Hari Santri Nasional juga dapat jadi momentum memperkuat keutuhan bangsa. Sebab hari santri bukan hanya milik pesantren, kyai, dan santri saja.
Tapi juga milik semua lapisan masyarakat. "Mari kita bersama-sama merayakan hari santri ini,"ucapnya. 

Sementara itu Ketua Yayasan Bahrul Ulum Drs H Syaiful Zohri didampingi Kepala Ponpes Bahrul Ulum Kyai M.Ali SSosI mengatakan, setiap tahun pihaknya menggelar peringatan hari santri.

Peringatan ini pun istimewa "Kebetulan hari santri ini bertepatan dengan Ultah Yayasan Bahrul Ulum Islamic Centre," katanya. 

H .Saiful Zohri  menambahkan Ponpes Bahrul Ulum juga memberikan bantuan kepada masyarakat yg kurang mampu diseputaran Lingkungan Ake

Ia berharap dapat memberikan kebahagiaan dan bantuan nyata kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbagi dan saling membantu di dalam masyarakat. Dengan melakukan kegiatan sosial seperti ini secara rutin, Yayasan Bahrul Ulum berharap dapat memberikan dampak yang positif dalam memperbaiki kondisi sosial di sekitar mereka

Rangkaian acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Islamic Center  santriwati dan juga penampilan para santri Pencak Silat . Pengumuman para santri/wati berprestasi dan pembina asrama yang berdedikasi. Santri yang mendapat gelar santri berprestasi untuk tingkat MTs , SMA  yang diberikan beasiswa dari Bank BPRS  dan pembina asrama berdedikasi mendapat piala dari pondok serta bingkisan lainnya, tutupnya 

(Eqi)

0 Komentar