Program P3 TGAI Desa Saleh Agung Dorong Saluran Air Irigasi Tingkatkan Hasil Tanam

Banyuasin, growmedia-indo.com-

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) hingga tahun 2024 ini.

  

Para P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) dan Ketua P3-TGAI dan masyarakat melakukan kegiatan pembersihan jaringan irigasi dimana kegiatan ini di lakukan untuk menjaga debit air yang mengalir ke lahan pertanian supaya lancar,Senin (14/10/24).


Membersihkan saluran irigasi di beberapa tempat areal lahan persawahan dan lingkungan desa, program P3-TGAI di desa saleh agung, kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin, Pembersihan saluran irigasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Desa saleh agung  “Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu panen dengan baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani,” ujar Ketua P3A, M, jasi Saat di konfirmasi awak media.


Saluran air yang telah tersumbat dengan rumput liar mulai dibersihkan dengan penuh semangat. Warga menggunakan alat sederhana seperti parang, cangkul, untuk mengangkat sampah dari saluran air yang berfungsi sebagai sistem irigasi bagi pertanian mereka. Kehadiran masyarakat dan pekerjaan dengan swakelola  membawa semangat dan energi.


Semoga program P3-TGAI ini saluran irigasi dapat termanfaatkan dengan baik sekaligus sebagai partisipasi warga dalam merawat dan memelihara saluran irigasi pertanian yang ada.

Peningkatan produksi pangan selalu menjadi topik di sektor pertanian. Upaya tersebut terus dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan produksi pertanian dengan menyalurkan bantuan seperti Sarana jaringan irigasi pertanian.


Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) merupakan wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan. 


Masi kata M, Jasi  P3A Desa Saleh Agung , kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin , mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 195 juta,  untuk membangun gorong gorong, dan membersihkan saluran irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian serta pembangunan gorong ada 6 titik dengan luas areal pertanian kurang lebih sekitar 1270 Ha, lokasi pertanian.



Program Perceparan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan jaringan Irigasi pada jaringan tersier baik pada Daerah Irigasi Kewenangan Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa yang dilaksanakan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) secara swakelola padat karya.


“Jadi Program ini bukan kontraktual, tapi swakelola dengan sistem pengerjaan padat karya oleh masyarakat. Diusulkan, direncanakan sendiri dari masyarakat, dikerjakan, pembelajaan material juga dilakukan sendiri masyarakat dan pengawasan oleh masyarakat itu sendiri dan Kita menyiapkan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)” ungkap nya.


Harapan Saya Semoga, dengan adanya Program Program yg bersumber dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah ataupun Dana Desa agar Masyarakat dapat merawatnya, jangan hanya bisa membangun tapi tidak bisa merawat, karna merawat lebih sulit ketimbang membangun,tuturnya.



(Mulyadi)

0 Komentar